Tentang Akademi Teknologi Pringsewu

Akademi Teknologi Pringsewu (ATP), berdiri pada tanggal 17 januari 2005,berdasarkan SK mendiknas NO.02/D/0/2005, dengan program study Teknik Otomotifdan Teknik Elektronika. Keberadaan atp di awali dengan penerima bantuan oleh yayasan pendidikan teknologi pringsewu(ypt pringsewu) dari Austria berupa sarana fisik bengkel,perputakaan,tata laksana,dan ruang teori, pada tahun 1999-2001 dengan penerimaan bantuan dana tersebut ypt pringsewu,diberikan kewajiban oleh Pusat Pengembangan Pendidikan Kejuruan Ter Padu(P3KT) untuk mendirikan perguruan tinggi,dalam bentuk poli teknik.

Perizinan operasional pendidikan program study teknik otomotif akademi teknologi pringsewu ,sudah mendapat perpanjangan dari Dirjen Dikti Nomor 3068/D/T/2007 Tertanggal 11 Oktober 2007. Demikian juga untuk izin operasional pendidikan program study teknik elektronika, Dengan Nomor: 3069/D/T/2007, Tertnggal 11 Oktober 2007.

Dalam waktu relative masih muda ,atp telah menerima bantuan-bantuan diantaranya dari:

  • Pemerintah provinsi lamppung dalam bentuk 4 unit mesin mobil untuk praktikum teknik otomotif, sebagai pelengkap sarana praktek yang sudah ada.
  • Pemerintah kabupaten tanggamus dalam bentuk bahan praktikum program study teknik otomotif dan elektronika.
  • Kopertis wil II Palembang ,berupa bantuan operasional administrasi kantor
  • Kopertis wil II Palembang, berupa beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan maha siswa kurang mampu sebanyak 30 mahasiswa.

Dari beberapa mahasiswa yang melakukan penelitian tugas akhir telah melakukan beberapa karya inovatif ,diantaranya dari program teknik otomotif yaitu dengan memanfaatkan kelistrikan otomotif yaitu rangkaian system pemutus arus COIL padasepeda motor sebagai alternatifpengamat kendaraan.alternatif pengamat ini dengan memanfaatkan sinyal sebagai tanda keberadaan kendaraan otomotif tersebut , secara aspek social sinyal ini bisa ber fungsi sebagai tanda bahaya kendaraan . Sedangkan dari teknik elektronika dengan memunculkan perancangan system pendingan colling tower pada computer (Study Kasus : Over Cloking Pada Processor Intel Pentium IV 1.7 Ghz ). Dalam pembahasnya ,menempatkan radiator external untuk mendinginkan processor computer.