Samsung baru-baru ini meluncurkan telepon seluler terbarunya bernama J3. Peluncuran dilakukan di daratan India. Namun, ada yang menarik dari ponsel terbaru Samsung tersebut, karena tersedia fitur S Bike.

Dilansir Autoevolution, Jumat, 1 April 2016, fitur tersebut dapat bekerja dengan menggunakan perangkat NFC. Di produk ponselnya, Samsung akan memberikan sebuah tag yang berfungsi untuk mengaktifkan mode S Bike. Tag ini nantinya dapat ditempelkan di motor, helm ataupun di saku. Nantinya, untuk mengaktifkan S Bike, Anda cukup menyentuh NFC smartphone pada tag yang telah ditempel tadi.

Dengan begitu, Anda dijamin tak akan terganggu dari panggilan SMS, WhatsApp, BBM dan media sosial lainnya saat berkendara sepeda motor. Semua fungsi tombol dan notifikasi juga akan lumpuh alias tidak berfungsi saat ponsel menerapkan fitur S bike.

Andaipun ada telepon yang benar-benar penting saat berkendara sepeda motor, maka penelepon akan menerima sebuah pesan yang sudah terekam sebelumnya, di mana akan diberitahukan keadaan Anda yang tengah membawa motor.
Jika panggilannya penting, maka penelepon akan diminta menekan tombol ‘1’ untuk memberitahukan pada pengendara bahwa panggilannya penting. Pengendara yang menerima notifikasi penting dari penelepon bisa minggir ke tepi jalan dan menjawab panggilan tadi.

Menurut Samsung dalam keterangannya, dengan fitur tersebut, akan mencegah pengendara dari hal–hal yang tidak diinginkan saat berkendara karena ponsel.

Untuk menonaktikan fitur S Bike ini, Anda hanya cukup menekan agak lama sebuah ikon bulat di tengah layar, maka S bike mode akan segera berakhir dan semua fungsi pada smartphone akan kembali ke posisi normal.

Fungsi lain dari fitur S Bike ini adalah mampu memberikan informasi seberapa jauh jarak yang telah ditempuh dan akan memberikan sebuah lencana sesuai jarak yang telah ditempuh. Tampaknya Samsung mulai berekspansi dengan teknologinya ke dunia otomotif roda dua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here